http://critic.net

Friday 7 February 2014

Agarwood Tea, Teh Gaharu, Cara membuat Teh gaharu, Manfaat Teh Gaharu

CARA MEMBUAT TEH GAHARU DAN MANFAATNYA
Naturally Beautiful


   Gaharu merupakan Pohon yang kaya akan manfaat bagi kesehatan, kecantikan, ritual keagamaan,  perhiasan, karya seni dan lain sebagainya yang sudah dikenal sejak ber abad-abad yang lalu. Hampir seluruh bagian pohon gaharu mulai dari akar, daun, kulit, buah dan resinnya memiliki Manfaat dan bernilai ekonomis tinggi. Contoh Teh Gaharu
      Seiring dengan kesadaran masyarakat dunia akan bahaya obat-obatan kimia kini masyarakat dunia mencoba kembali kepada obat-obatan herbal. salah satu bahan obat herbal yang terkenal berkhasiat adalah gaharu oleh sebab itulah maka pasar gaharu semakin tersebar luas hampir di seluruh dunia tidak hanya terbatas pada negara-negara Arab dan rumpun Bangsa cina, jepang dan korea saja tetapi Eropa, Afrika, Amerika dan Australia merupakan pangsa pasar yang terus tumbuh berkembang.
      Diantara produk unggulan gaharu adalah Teh gaharu, Agarwood Tea, atau dikenal juga dengan nama Youth Tea. Teh gaharu di buat dari daun gaharu yang masih segar terutama bagian pucuknya.


 A. Cara Membuat Teh Gaharu
       Membuat teh Gaharu secara sederhana adalah sebagai berikut :

Pertama, Daun gaharu yang masih segar bisa langsung direbus dengan air bersih.
        Untuk membuat segelas Teh gaharu cukup ambil 6-8 helai daun yang masih muda dan bersih dari hama penyakit seperti kutu putih dll, cuci bersih kemudaian rebus sehingga air rebusannya tinggal separuh atau berkurang seperemapatnya. Warna air teh gaharu merah semakin banyak daun yang direbus maka semakin merah warnanya dan rasanya agak kepahit-pahitan. Jika anda tidak puya masalah dengan gula darah maka Anda bisa menambahkan madu biar rasanya lebih nikmat dan lebih berkhasiat. Minumlah selagi masih hangat.
       Cara ini bisa anda lakuakan jika anda mudah mendapatkan daun gaharu segar.
Kedua, Membuat Teh Gaharu yang bisa tahan lama dan bisa digunakan kapan saja.
  1. Setelah daun gaharu anda ambil dari pohonnya bisa dengan cara memetik atau memangkas dahan dan ranting gaharu (Memakas juga berguana untuk memacu pertumbuhan gaharu anda). Jemurlah di panas matahari selama 2 atau 3 hari sehinnga daun gaharu memiliki kadar air kira-kira 30-35 % saja. lihat juga
  2. Rajang atau iris tipis-tipis daun gaharu tersebut kemudian kemas dalam tempat yang bersih dan tertutup rapat hindari dari benda-benda berabau tajam.
  3. Anda bisa menimatinya dengan merebus atau merendam teh tersebut dalam air panas 100 cc selama 4-6 menit. Teh gaharu siap anda nikmati.
      Namun untuk memasuki Pasar Internasional maka Product Teh gaharu yang kita buat haruslah memenuhi standard dimana product kita tersebut akan di pasarkan.  Setiap negara menerapkan standar yang berbeda-beda untuk obat-obatan dan makan. Namun deminian secara umum Product Teh gaharu tersebut haruslah dikemas dengan baik dan menarik, bersih, bebas dari penyakit, dijelaskan kandungan dan manfaatnya mengunakan bahasa Ilmiah/farmasi. Karena teh gaharu merupan minuman dan obatan herbal maka hindari pengunaan bahan kimia dan pengawet dalam proses pembutan dan pengemasanya.

 B. Manfaat Teh Gaharu

  1. Minum teh Gaharu membantu menhilang mabuk karena minum-minuman beralkohol. 
  2. Minum teh Gaharu membantu memudahkan tidur.
  3. Membantu merilekskan saraf dan otak  agar tidak tegang.
  4. Meningkatkan Stamina, anti body dan menghilangkan capek dengan cepat.
  5. Minum Teh gaharu bermaafaat mencegah penuaan dini atau Anti aging.
  6. Membantu menstabilkan gula darah.
  7. Membantu menjaga kesehatan kulit.
  8. Mencegah stroke.
  9. Mengandung anti oksidan dan kaya akan mineral alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluhan.
  10. dll. 
       Mengenai manfaat teh daun gaharu ini telah dibuktikan oleh salah seorang custumer saya di jayapura yang bekerja pada sebuah tambang disana  Pak Suhudi Ismail, beliau mempunyai keluarga anak dan Istri tinggal dimakassar. Karena pak Ismail tinggal dijayapura maka tugas mengantar anak dan lain sebagainya menjadi tugas Istri beliau, karena kondisi kota yang telah banyak polusi udara, kemacetan, kebisingan dan jadwal rutinitas yang padat membuat Istri beliau mengalami susah tidur, badan terasa kurang fit selain itu Istri beliau juga memiliki gula darah yang tinggi.
     Setelah membaca artikel manfaat teh daun gaharu beliau pun tertarik untuk memesankan teh daun gaharu kepada saya untuk istrinya di Makassar. setelah barang saya kirim selang seminggu kemudian pak Suhudi Ismail menelpon saya dan mengatakan bahwa Istrinya ingin memesan lagi teh daun gaharu, beliau mengatakan bahwa setelah minum teh daun gaharu walau gula darah Istrinya pada saat menelpon saya belum sempat dicek namun Istri beliau merasakan bahwa badannya lebih segar dan mudah tidur. Keistimewaan lainnya adalah daun gaharu memiliki aroma yang sedap untuk diminum tidak seperti daun sirsak dan lainnya tegas beliu.
        Anda tertarik silahkan mencoba
      Selain Daun gaharu kulit buah gaharu juga sangat besar manfaatnya untuk Obat stroke

17 comments:

  1. Izin share info.. Saya dengar dari teman katanya Jenis malacensis Teh gaharunya lebih diminati dan lebih berkhasiat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaharu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan penelitian tetang jenis gaharu mana yang paling berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan memang perlu terus dilakukan.

      Delete
  2. Bagaimana membedakannya teh gaharu berkualitas dan biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih atas komentarnya.
      Teh gaharu berkualitas di Proses dari daun yang masih muda atau pucuknya yang masih segar, bebas dari penyakit tidak mengunakan pewarna, pengawet dan perasa buatan dikemas dalam kemasan yang baik.
      Sedang teh gaharu yang biasa saja adalah di proses dari daun gaharu yang sudah tua dan tidak diseleksi dan proses pengerinagannya yang kurang baik seperti terlalu lembab atau terlalu kering sehingga bercendawan atau kehilangan kadar klorofil berlebihan dan bahan kimia alami glycosides- genkwanin. Glikosida genkwanin bermanfaat menghilangkan merkuri dan diyakini membantu memperlambat proses penuaan. mengandung pewarna, perasa dan atau pengawet.
      Manfaatnya akan terasa setelah mengkonsumsi selama 1 minggu ini badan akan terasa fit dan mengurangi stress berdasarkan penglaman saya dan beberpa kostumer.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Kalau utk dikirim keBrunei boleh tak...bermina utk membeli teh pucuk muda yg berkualiti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah tuan.
      hubungi saya lewat email raja.kadir@yahoo.com atau whatsapp saya +6285355498758 BB 769ccc92

      Delete
  5. bgm prospek penjualan pohon / galih gaharu di Indonesia, saya ada 361 pohon usia 3-5 tahun, mohon info pembeli dan harga. trimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya,
      untuk saat ini pembelian batang gaharu masih susah dicari pasaranya. saya sarankan setelah pohon tersebut berumur 6 tahun baru di inokulasi biaya inokulannya hanya sekitar 50-75rb perbatang. Kalau gubalnya bagus insya Allah tidak sukar dalam memasarkannya.

      Delete
  6. saya ada 361 batang usia antara 3-5 tahun di Lampung Utara, mohon info pembeli batang/galih dan harga di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pembelian gubal gaharu silahkan hubungi saya di 085355498758

      Delete
  7. Sukamto dari Kalimantan.
    Distributor Teh Gaharu Masindo yg diproduksi di KALSEL produknya sdh banyak beredar diseluruh Indonesia bahkan keluarnegeri.
    Bilamana bkenan membeli produknya / sebagai Agen,silahkan hbngi kami di 081345122717 - Pin.7d027163

    ReplyDelete
  8. Sukamto dari Kalimantan.
    Distributor Teh Gaharu Masindo yg diproduksi di KALSEL produknya sdh banyak beredar diseluruh Indonesia bahkan keluarnegeri.
    Bilamana bkenan membeli produknya / sebagai Agen,silahkan hbngi kami di 081345122717 - Pin.7d027163

    ReplyDelete
  9. assalammualaikum maaf pak abdul saya dari bandung perlu biji ghr subintegra 1/2 kg kira2 bs kirim sekarang brp harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam pak asep, stok kosong sekitar bulan6-9 insya Allah baru ada. 1.750ribu pak termasuk ongkir

      Delete
  10. assalamualaikum Pak Abdul saya ibu endang dr Malang, saya punya 5pohon garu yg saya tanam di halaman rumah kira umurnya 6tahunan tp pertumbuhannya tidak pesat diameter bawahnya kira" 12 Cm tp sampai saat ini saya belum melakukan inokulasi krn blm tau caranya dan bahan inokulannya mohon penjelasan pak? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa 'alaikukumussalam bu gamelinda.
      ada banyak hal yang mempengaruhi pertumbuhan, mulai dari jenis, pola tanam tumpang sari atau ada naungan maupun monokultur pemberian pupuk dll. untuk umur 6 tahun sebenarnya sudah bisa di inokulasi 5 pohon cukup 1 liter bio inducer. oh ya apa jenis gaharu yang ibu tanam tersebut

      Delete