http://critic.net

Monday 13 January 2014

AGAR TANAMAN GAHARU CEPAT BESAR DAN TINGGI

    TATA CARA AGAR TANAMAN GAHARU CEPAT PERTUMBUHANNYA BESAR DAN TINGGI


Kali ini saya akan berbagi teknik bagaimana  cara agar bibit gaharu yang kita tanam cepat pertumbuhannya tinggi dan besar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan gaharu, selain dari faktor kesesuaian jenis gaharu dengan jenis tanah dan lingkunagan ada beberapa hal yang harus kita lakuakan diantaranya adalah sebagai berikut. 
 1. Pemangkasan Cabang
    Agar tanaman Gaharu cepat besar dan tinggi perlu dilakukan pemangkasan cabang dan ranting. Pemangkasan ini bertujuan agar nutrisi yang diserap akar terpfokus pada pertumbuhan pohon. Pohon yang bercabang sejak dini memiliki pertumbuhan yang agak lamban. Pemangkasan ranting dan cabang sebaiknya dilakukan setiap terjadinya cabang, yakni ketika cabang masih muda sepanjang 2/3 cm saja. Namun dapat juga dilakukan secara berkala seperti dua minggu sekali seperti tampak pada gambar 1. namun ini kurang efektif sebab cabang yang kita potong sudah banyak menyerap unsur hara yang dibutuhkan pohon untuk tumbuh. Pilihlah cabang yang kuat dan subur untuk di pelihara. lakukan hal tersebut sampai bibit berukuran 2 m seperti tampak pada gambar 2. Namun bisa terus dilakukan bila dianggap masih perlu. Gunakan Pisau yang tajam atau gunting tanaman.   Daun hasil pemangkasan dapat anda jadikan teh gaharu. 
Gmabar 1
Gmabar2

2. Pemupukan
    Agar gaharu cepat besar dan tinggi lakukan pemupukan secara rutin dan disesuaikan dengan kebutuhan pohon. Anda dapat mengunakan pupuk organik seperti kompos dan pupuk kandang dapat dilakukan 6 bulan sekali jika mampu pupuk organik lebih kami sarankan. Atau dapat juga mengunakan pupuk anorganbik dapat anda beli di toko pertanian seperti NPK, lakukan pemupukan setiap 3 bulan sekali. Ikutilah tatacara pemupukan yang benar sesuai dengan kebutuhan pohon untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini

3. Pembasmian Hama
    Agar gaharu cepat besar dan tinggi adalah dengan mengendalikan hama pada tanaman gaharu. Ada banyak jenis hama yang menyerang tanaman gaharu. Seperti busuk akar ganguan ulat pemakan daun dan serangan hama kutu putih. untuk membasmi kutu putih silahkan buka Cara Membasmi kutu putih Untuk menghindari hal-hal tersebut lakukan pembersihan secara rutin, hindari naungan yang menyebabkan tanaman terlalu lembab dan berilah kapur dolomit agar kondisi tanah tidak telalu asam yang akan menyebabkan busuk akar. Lakukan penyemprotan secara rutin baik ketika terjadi serangan hama ataupun sebagai perawatan.Untuk menghidari ganguan hama seperti babi gunakan karung bekas seperti tampak pada gambar diatas.
4. Naungan
    Agar gaharu cepat besar dan tinggi bibit gaharu memerlukan naungan. Gaharu termasuk jenis pohon yang dalam pertumbuhannya memerlukan naungan agar ia dapat tumbuh secara optimal. Naungan dapat berupa naungan berbentuk tanaman seperti, singkong pepaya dll. atau naungan dari atap daun ilalang pelepah kelapa paranet dll.
5. Jarak Tanam yang sesuai
    Agar tanaman gahau cepat pertumbuhannya besar dan tinggi jarak tanam memiliki peranan yang segnipikan. Sebab berkaitan erat dengan ketersedian unsur hara yang dibutuhkan tanamn gaharu dan juga kebutuhan gaharu akan cahaya. Secara umum ada dua pola penanaman gaharu yakni monokultul (khusus tanaman gaharu saja) dan tumpang sari (tanaman gaharu di tanam bersamaan dengan tanaman lainnya).
a. Untuk tanaman gaharu pola monokultur ada beberapa jarak tanam yang dianjurkan
  1. Jarak tanam gaharu 2 m x 2 m ini cocok untuk anda yang memiliki modal yang banyak dan atau keterbatasan lahan.
  2. Jarak tanam gaharu 3 m x 3 m ini cocok untuk anda yang memiliki modal menengah
  3. Jarak tanam gaharu 4 m x 4 m ini cocok bagi anda yang memiliki modal yang sederhana. atau liahat jarak tanam gaharu
 Untuk tahap awal tanaman gaharu membutuhkan naungan sebagaimana saya jelaskan diatas.
b. Adapun bila anda memilih tanaman dengan pola tumpang sari maka jarak tanamnya sangat fleksibel. Di sesuaikan dengan jenis tanaman yang menjadi mitra tanaman gaharu tersebut. Seperti karet, sawit kelapa dll. Tanam bibit Gaharu ditengah baris  tanamn mitranya dan Usahakan Tanaman gaharu  jangan terlalu rapat. Dari hasil pengamatan kami pola penanam tumpang sari dengan tanaman yang lain seperti sawit, kelapa, karet dan pisang memiliki pertumbuhan yang lebih baik .
6. Waktu Menanam Gaharu Yang Baik
   Waktu menanam gaharu yang paling baik adalah di musim hujan dengan demikian kita tidak perlu melakukan penyiraman. Setelah tanah di lubangi dan di beri pupuk biarkan selama satu atau dua minggu kemudian tanamlah bibit gaharu dengan melepas semua polybagnya secara perlahan agar tanahnya tidak pecah meninggalkan akar bibit. Waktu penanaman yang paling baik adalah di sore hari.

54 comments:

  1. ijual 1200 pohon gaharu umur 14 tahun dia 35-45cm lokasi kaltim di jual Rp.1.500.000/pohon hub 081322384757/085222440659

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap ada artikel gaharu, pasti ada tumpangan promo gituan ya pak abdul..., (Entah apa maksudnya),sabar ya pak abdul. Jawaban pak abdul juga tulus "semoga lekas terjual pak".

      Delete
  2. Siiip
    Www.investasijatisolomon.com

    ReplyDelete
  3. maaf pak siap panen berapa tahun yahoo,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur lima tahun pak baru di inokulasi kemudian 3 tahun waktu masa inokulasi total antara 8-9 tahun

      Delete
  4. salam pa. kodir.. info bibit dan prospek pemasarannya bgmn pak, saya kesengsem. bisa di emailkan pak. bisa untuk tabungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kembali pak Agus S. Terimakasih atas kunjungan dan komentar bapak,
      Masalah pemasaran produk gaharu terutama gubal gaharu saat ini bukan lagi masalah sebab kebutuhan yang besar ketersediaan gubal gaharu yang sedikit bila dibandingkan dengan kebutuhan pasar dunia. Sekarang pembeli dari timur tengah sudah banyak yang datang kedaerah-daerah untuk mencari gubal gaharu.
      Selain itu masalah perijinan juga mudah silahkan hubungi kantor BKSDA setempat jika diperlukan.
      Yang menjadi permasalahan saat ini dibidang gaharu adalah rekayasa pembentukan gubal gaharu atau masalah inokulasi gaharu. selama kualitas gubal gaharu yang di produksi sesuai dengan standard dan kebutuhan pasar maka Insya Allah kita akan sukses.
      Adapun teknik pemasarannya bisa melalui media online, grup atau komonitas sosial media seperti facebook.
      Mengenai harga bibit dan stock yang ready silahkan menghubungi saya di 085355498758

      Delete
  5. pak. abdul..kalau pesan bibit dan inokulannya berapa harganya...dan masa pemanenannya sudah pasti harus 8-9 tahun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bibit tergantung jenis malacensis harga mulai 700/btg. A. subintegra harga mulai 25rb/btg. Beccariana 15.000/btg. Inokulan macam-macam bio inducer 750ribu/liter. Jamur fusarium 485.000/botol isi 600 cc. tidak pak fleksibel

      Delete
    2. 1 liter jamur fusarium untuk berapa pohon mas ?

      Delete
    3. 1 liter bio inducer untuk berapa pohon mas ?

      Delete
    4. tergantung diameter dan tinggi pohon serta banyaknya dahan. insya Allah kalau pohon diameter 25 cm tinggi 15 m bisa dapat dua aatau tiga pohon

      Delete
  6. Dimana bisa menjual hasi panen gaharu ya sudah berumur 4 tahunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang bapak maksud hasil 4 tahun pasca inokulasi silahkan hubungi saya di 085355498758 BB 5442C3BA. tapi kalau masih dalam bentuk batang atau tegakan maaf sulit mencari pembelinya. terimakasih pak atas pertanyaannya.

      Delete
  7. Numpang Promo min.
    Jual Pohon Gaharu umur 18 tahun lokasi kaltim, 1200 phn, minat hub (anto) 0852 2244 0659 atau (aprie) 0813 2238 4757

    ReplyDelete
  8. Pak abdul, pohon gaharu berdiameter 40 tinggi 15 m. Masa pemanenan tinggal 6 bulan lagi, kira2 berapa harga keseluruhan pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. TERGANTUNG Hasil dan gradenya pak, saya tidak bisa menebaknya

      Delete
  9. MOHON INFO ADA POHON YG UMURNYA 5THN DAN BELUM DIINJUKSI ATAU APALAH ISTILAH...MHN PTUNJUKMAKASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah bisa di inokulasi 1 liter cukup untuk 15 pohon bisa lebih INsya Allah

      Delete
    2. Wah gimana kalo sdh berumur 25Thn.soalnya saya punya pohon gaharu umur 25Thn

      Delete
    3. Kalo sdh 25Thn. Bgs gk yah..??

      Delete
  10. Assalamualaikum pak ,lokasi kebun gaharu nya dimana pak..?

    ReplyDelete
  11. kami menjual 1200 pohon gaharu di tanam di lahan 2 ha, umur 14 tahun lokasi tanah grogot kaltim, dijual Rp.1,5juta/pohon (nego), untuk yang serius hub 085222440659 / 081322384757 (tidak melayani sms)

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. di teluk dalam kec. keritang INHIL Riau atau di pekanbaru jl. gulama ujung tangkerang barat marpoyan damai lebih jelas 085355498758

      Delete
  13. Nyampe di Sulawesi Tenggara h4rgnya brp pak ? Bibitnya...yg A. Subintegra

    ReplyDelete
  14. Nyampe di Sultra brp hrg bibit A. Subintegra

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau biji harganya 3,5 jt per kg namun stock kosong. kalau bibitnya sulit dipengiriman

      Delete
  15. Pak sy menanam gaharu sekarang secara kelompok ada 20 Hektar, hanya sja kekompok tani kami kurang yakin akan potensi jualnya pak, sy mohon penjelasannya agar kelompok tani kami lebih percaya, dalam 1 hektar 1000 pohon pak.

    ReplyDelete
  16. Pak sy menanam gaharu sekarang secara kelompok ada 20 Hektar, hanya sja kekompok tani kami kurang yakin akan potensi jualnya pak, sy mohon penjelasannya agar kelompok tani kami lebih percaya, dalam 1 hektar 1000 pohon pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah cukup potensial pak. masalah utamanya adalah dikualitas gubal atau produk pak.
      ada beberapa faktor yang sayang penting
      1. jenis tanaman gaharunya
      2. ini adalah yang terpenting yaknin masalah inokulasi yang sangat erat kaitannya dengan diterima tidaknya gubal gaharu. jika saja gaharu kelompok bapak di inokulasi dengan usia pohon minimal 5 tahun dan inokulan yang tepat teknik inokulasi yang sesuai dengan permintaan pasar (jadi bukan asal inokulasi) dan waktu inokulasi yang cukup untuk inokulan gaharu bio inducer mulai bisa dipanen usia inokulasi 2 tahun namun saran saya lebih dari 3 tahun
      3. kalau 2 diatas sudah bisa dipahami dan dijalankan insya Allah kita akan sukses
      wallahu a'lam.

      Delete
  17. Maaf mungkin ada yang butuh lahan untuk tanam gahar. Hanya 85 jt per hektar. Lokasi Bondowoso Jawa Timur. Hub. 081 336 30 60 90 atau 082301702556

    ReplyDelete
  18. Lahan murah untuk tanam gaharu. Hanya 85 jt per ha. Hub 081336306090 atau 082301702555. Jawa Timur

    ReplyDelete
  19. Lahan untuk tanam gaharu. Hanya 85 juta per ha. Hub. 081336306090 atau 082301702555. Jawa Timur

    ReplyDelete
  20. Mungkin ada yang butuh lahan untuk tanam gaharu dll. 85 juta per hektar. Nego. 081336306090 atau 082301702555. Jatim

    ReplyDelete
  21. Mungkin ada yang butuh lahan untuk tanam gaharu dll. 85 juta per hektar. Nego. 081336306090 atau 082301702555. Jatim

    ReplyDelete
  22. Mungkin ada yang butuh lahan untuk tanam gaharu dll. 85 juta per hektar. Nego. 081336306090 atau 082301702555. Jatim

    ReplyDelete
  23. Dijual lahan 12 ha .harga 10 jt per ha dekat sukadana. Jarak 400m dari jalan propinsi. Kal barHub johan 081218148967

    ReplyDelete
  24. salam kenal aq pemula pingn bisnis pohon tanam gaharu utk pemula apa yg harus saya lakukan dan tipe tanah sperti apa yg cocok serta jual bibitnya di mana ya mohon pencerahanya,,,,WA 085842388283

    ReplyDelete
  25. mohon info tanah yg sperti apa agar cocok utk gaharu,,,,saya di kab pekalongan jawa tengah daerah kec. doro lumayan pegunungan WA 085842388283

    ReplyDelete
  26. apakah tanah di sekitar gunung kidul, yogyakarta, cocok untuk gaharu. dengan curah hujan satu tahun hanya 4 bulan, jenis tanah adalah tanah liat. terimakasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  27. salam Gaharu, dimana tempatnya untuk proses inokulasi pohon gaharu, umur gaharu saya sudah 4 thn, pohonnya sebesar betis orang dewasa/pemain sepak bola dewasa

    ReplyDelete
  28. salam Gaharu, Pohon gaharu saya sudah berumur 4 thn, sebesar betis pemain bola orang dewasa,75 pohon, bersertifikat, tpi kontak pada sertifikat tdk bs dihubungi untuk proses inokulasi, gmn solusinya Pak, Trim's dri prov. sulsel-Kab. Luwu Timur

    ReplyDelete
  29. Maaf Pak apakah benih Gaharu sudah ada stoknya ?

    ReplyDelete
  30. Kalo umurnya sdh 25Thn bgs gk yah??

    ReplyDelete
  31. Saya pingin bgt tanam kayu gaharu,ditempt saya tinggal di wil kab tulungagung ...apa cocok ya daerah tulungagung

    ReplyDelete