http://critic.net

Tuesday 18 March 2014

Pupuk Gaharu, Jenis dan Dosisnya

Pupuk Gaharu, Jenis dan Dosisnya

         Penentuan jenis pupuk dan dosis pupuk untuk tanaman gharau harus sesuai dengan kebutuhan tamanan gaharu tersebut  akan Unsur Hara , bedasarkan hasil analisis kondisi struktur tanah, umur pohon, pertumbuhan dan perkembangan tanaman gaharu. Secara sederhana kebutuhan gaharu akan pupuk dapat  dilihat dengan kasat mata dari pertumbuhan pohon, (tinggi batang gaharu, diameter batang gaharu, dan daun gaharu). 
      Pengunaan pupuk organik seperti kompos dan pupuk kandang lebih dianjurkan namun dapat juga mengunkan pupuk kimia seperti NPK, urea dan KCl. Selain beberapa jenis pupuk tadi kita juga dapat mengunakan pupuk cair dengan dosis sesuai anjuran yang tertera dikemasan pupuk tersebut. Untuk tanah yang memiliki PH tinggi maka perlu menambahkan kapur dolomit. Kadar PH yang paling baik untuk pertumbuhan gaharu adalah PH 6-7.
      Perlu di ingat pupuk kandang yang digunakan sebaiknya pupuk kandang yang sudah lama atau dapat juga dengan dibakar terlebih dahulu mengunakan dedaunan kering seperti, jerami, ilalang, daun pisang, pelepah daun kelapa dll baru setelah itu digunakan. Letakkanlah pupuk dibawah canopy atau sejajar dengan ujung tajuk tanaman gaharu sebelum dipangkas. Pemupukan dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali mengunakan pupuk kimia dengan dosis rendah seperti 10 g NPK untuk tanaman dilapangan dengan usia tanam 0-1 tahun dan atau  6 bulan sekali dengan mengunkan pupuk organik 2 kg pertanaman untuk tanaman gaharu usia tanam 0-1 tahun. Kebutuhan pupuk tentunya akan berbeda-beda antara setiap pohonnya dan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. selain itu kita juga bisa menggunkannya secara bersamaan asalkan dosisnya disesuaikan. hindari pemberian pupuk terlalu dekat dengan pangkal batang dan dosis yang tinggi karena dapat menyebabkan tanaman mati.

Berikut adalah tabel contoh rancangan jenis dan dosis pupuk gaharu yang digunakan:

No.
Umur Tanaman
Gaharu (tahun)
Dosis Pupuk kompos Organik
(Kg/Pohon)
Dosis Pupuk Kimia    (g/pohon)
(Urea+TSP+KCl)
1
0-1
2
50+50+50
2
1-2
4
50+50+50
3
2-3
5
100+100+100
4
3-4
5
150+150+150
5
4-5
-
150+150+150
( sumber : Sumarna,Yana.2003. Budidaya & bisnis Gaharu. Jakarta : Penebar Swadaya. cet. 1 (edisi revisi) )

   



contoh Tanaman gaharu mengunkan pupuk kandang (dosis -+ 2 kg pertanaman) usia tanam kurang lebih satu tahun. Jenis Gaharu Aquilaria Malacensis untuk melihat gambar pohon indukan aqularia malacensis silahkan lihat gambar buah dan pohon gaharu Aquilaria Malacensis

kata kuncin, Pupuk gaharu, jenis dan dosis, dosis pupuk gaharu, jenis pupuk gaharu, pupuk agar gaharu cepat besar, pupuk gaharu agar cepat tumbuh, pupuk bermanfaat untuk pertumbuhan gaharu, gaharu dipupuk agar cepat bisa di inokulasi. takaran pupuk dan jenis pupuk gaharu yang tepat dan sesuai akan meningkatkan pertumbuhan gaharu dan hasil gaharu.

4 comments:

  1. Pupuk memang sangat penting dalam memacu pertumbuhan dan perkembangan gaharu. Pilihlah pupuk yang tepat dan dosis yang sesuai dengan kebutuhan gaharu terutama pupuk organik.

    ReplyDelete
  2. Pupuk gaharu sebaiknya mengunakan pupuk organik seperti kompos dan atau pupuk kandang lebih aman dan bagus untuk tanaman gaharu dan lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  3. Cara mendapatkan pupuk khusus gaharu dimana?????

    ReplyDelete
  4. Cara mendapatkan pupuk khusus gaharu dimana????

    ReplyDelete