http://critic.net

Sunday 28 September 2014

Budidaya Gaharu, Jarak Tanam Gaharu

        Gaharu dapat tumbuh di setiap daerah di Indonesia dari 0 m dpl-750 m dpl. Namun Daerah terbaik adalah di kaki bukit, atau tanah yang tidak tergenang air dalam waktu lama atau memiliki darainase air yang bagus. Namun ada beberapa jenis gaharu yang cocok ditanam tanah rawa seperti Aquilaria Beccariana dan adapula didataran tinggi seperti Aquilaria Hirta.


       Karakter tanah yang baik untuk pertumbuhan Gaharu secara optimal adalah tanah yang memiliki PH mulai 4,5-7,0. Untuk memeriksa kualitas tanah, dapat berkonsultasi dengan ahli ilmu tanah. Tanah terbaik untuk tumbuh kembang gaharu adalah tanah laterit, terutama laterit kombinasi tanah liat, bercampur pasir. Secara sederhana untuk mengetahui kualitas tanah adalah melalui pemantauan dari pertumbuhan pepohonan tahunan yang ada dilokasi tempat dimana akan kita tanam gaharu.
   
            Gaharu dapat ditanam secara tumbang sari maupun secara monokultur. Berikut kami jelaskan tetang jarak tanam agar dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan Pola penanam gaharu.
1.       Jarak Tanam 2 x 2 Meter
        Jarak anatara tanaman gaharu adalah 2 Meter. Antara baris satu dengan yang lainnya 2 Meter pula. Pola ini membutuhkan biaya yang  tinggi tetapi berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar pula.  Antara baris dapat ditanami tanaman yang memberikan manfaat tahunan seperti jahe gajah, cabai, terong atau sayur namun hindari pengunaan  pupuk kimia.
       
2.        Jarak Tanam 2 x 4 Meter
          Pola ini anatara tanaman pohon gaharu adalah 2 Meter. Antara baris adalah 4 Meter. Antara baris dapat ditanami pisang, pepaya dll.  Cocok untuk kita yang mempunyai keunagan yang sedang.
3.       Jarak  4 x 4 Meter
          Cocok untuk petani yang menanam sayuran atau tanaman tahunan sebagai Tanaman penaung seperti pisang dan pepaya. Tapi pola ini akan mendapatkan pohon gaharu pendek, produktivitas yang rendah dan mudah tumbang.  Oleh karena itu harus di tanam sayuran atau tanaman tahunan minimal 3 tahun yakni sampai pohon gaharu dewasa.


Gaharu dapat tumbuh berdesak-desakan dengan tanaman apapun dan yang terbaik adalah Tanaman seperti karet, nangka, jati dll. Tapi harus tumbuh baik pada waktu yang sama atau tumbuh pohon karet tidak melebihi 2 tahun. Walau ditanam berdesak-desakan tumbuh dengan buah atau tanaman tahunan, tetapi harus memiliki sinar matahari cukup. Jika tumbuh di tempat tanpa cahaya matahari, batang akan kerdil tapi tidak mati.

No comments:

Post a Comment