http://critic.net

Monday 24 August 2015

Geliat Budidaya Gaharu, Kendala dan Solusi Pemasaran Gaharu Hasil Budidaya

      Budidaya Gaharu semakin diminati oleh banyak orang mulai dari petani, pengusaha dan kalangan profesional lainnya. Namun seiring tingginya minat masyarakat tidak di iringi dengfan pesatnya kemajuan dalam rekayasa Inokulasi gubal gaharu dimana gubal gaharu merupakan produk utamna dari tanaman gaharu tersebut.

    Dalam perkembangan budidaya gaharu tidaklah mudah sperti seperti sebagian orang bayangkan. Ada banyak hal yang harus dipelajari, mulai dari jenis gaharu yang tepat, cara perawatan agar bibit gaharu bisa tumbuh dengan pesat sampai kepada teknik inokulasi, yakni umur berapa sebaiknya inokulasi dilakukan, teknik dan inokulan apa yang sebaiknya digunakan dan pemasaran gaharu.
    Ada banyak pertayaan dan keluhan dari pembudidaya gaharu mulai dari sulitnya memperoleh inokulan, Hasil yang jelek, sulitnya pemasaran  bahkan tidak jarang terjadi modus pemerasan dan penipuan dengan berbagai kedok seperti kerjasama yang memungut dana terlalau besar, penjualan inokulan abal-abal dan harga yang tinggi namun berkualitas rendah dan Masalah pemasaran tentunya, sebagian pembudidaya kebingungan menjual hasil budidaya mereka serta harga yang rendah.
     Masalah pemasaran gaharu budidaya sebenarnya tidak sulit selama produk hasil gaharu budidaya tersebut sesuai dengan standar pasar baik timur tengah seperti Arab Saudi, Kuwait, Qatar dan lainnya maupun pasar timur jauh seperti Cina, Taiwan, Jepang dan Korea. 
    Saat ini gaharu budidaya belum lagi mendapat pasar yang baik seperti halnya gaharu alami. Itu semua terjadi karena rendahnya mutu hasil gaharu budidaya dari sisi kandungan minyak, aroma, warna dan bentuk gubal tersebut yang masih belum sesuai harapan.  Minimnya pengetahuan dan teknik inokulasi berakibat kepada sulitnya pemasaran hasil gaharu budidaya. Kedepan Masalah inokulasi gaharu harus menjadi fokus penelitian kalangan Akedimisi, peneliti dan praktisi. Pemerintah dengan instansi terkait harus memperhatikan masalah budidaya gaharu tersebut secara serius dengan berbagai program dan sosialisasi dan merata. Karena potensi dan minat masyarakat yang sangat besar yang jika tidak dikelola dengan baik maka budidaya gaharu akan sangat merugikan.
  

No comments:

Post a Comment