http://critic.net

Tuesday 11 August 2015

Budidaya Pinang, Syarat Tumbuh Pohon Pinang

                                       SYARAT TUMBUH POHON PINANG

     Untuk mendapatkan produksi pinang secara maksimal maka kita perlu mempertimbangkan dan mengenali lokasi tempat penanaman Pinang tersebut.  Pengenalan lokasi tempat dimana pinang akan ditanam akan sangat membantu kita dalam menentukan pola tanam, jarak, pemupukan, irigasi dan lain sebagainnya. Beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan di dalam penanaman pinang antara lain :


   Pohon Pinang dapat berproduksi optimal pada ketinggian 0–1.000 m dpl (meter diatas permukaan laut). Tanaman pinang idealnya ditanam pada ketinggian dibawah 600 m diatas permukaan laut.
Tanah yang baik untuk pengembangan pinang adalah tanah beraerasi baik, solum tanah dalam tanpa lapisan cadas, jenis tanah laterik, lempung merah dan aluvial. Secara sederhana tanah yang cocok untuk pohon pinang adalah tanah liat putih, tanah liat kuning biasa atau berpasir, tanah hitam maupun tanah gambut (tanah gambut yang tebal kurang baik untuk tanaman pinang namun masih bisa).
Keasaman tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman pinang sekitar pH 4 - 8.
Curah hujan yang dikehendaki tanaman pinang antara 750-4.500 mm/tahun yang merata sepanjang tahun atau hari hujan sekitar 100 - 150 hari.
Tanaman pinang sangat sesuai pada daerah yang bertipe iklim sedang dan agak basah dengan bulan basah 3 - 6 bulan/tahun dan bulan kering 4 - 8 bulan/tahun.
Tanaman pinang dapat tumbuh dengan baik pada suhu optimum antara 20º - 32º C.
Kelembaban udara antara 50 – 90 %.
Penyinaran yang sesuai untuk tanaman pinang berkisar antara 6-8 jam/hari. Tanaman pinang bisa tumbuh dengan baik hampir diseluruh wilayah indonesia tinggal bagaimana kita mensiasatinya saja.

No comments:

Post a Comment