http://critic.net

Wednesday 1 October 2014

Kreteria Bibit gaharu Siap Tanam

 Kreteria Bibit gaharu Siap Tanam
   Secara umum ada dua pola penanaman kebun gaharu yakni, monokultur (yakni kebun gaharu yang ditanam secara khusus) dan tumpangsari (penanam gaharu bersamaan dengan tanaman lain).



       Untuk pola kebun tumpang sari dengan tanaman seperti gaharu ditanam didalam kebun karet, kelapa, sawit, jabon dll. yang merupakan pohon besar maka cukup 30 cm up saja. Bibit harus subur dan sehat dan perakaran yang baik. Untuk lebih jelasnya lihat Kelebihan bibit gaharu tinggi 25 cm up

        Bibit Gaharu untuk penanaman monokultur ataupun semi monokultur dengan tanaman seperti pepaya, singkong, sayur-sayuran seperti cabe, jahe, bayam dll. yang memiliki pohon dan tajuk yang tidak rimbun dan relatif kecil haruslah memilih bibit gaharu dengan ukuran 70 cm up atau sudah berumur lebih dari delapan bulan dan dijemur selama tidak kurang dari satu bulan ini bermanfaat agar pohon tahan terhadap sinar matahari. Salah satu hal yang harus di ingat pula ialah ketika memindahkan bibit jangan sekali-kali di cabut karena bibit besar biasanya akarnya sudah keluar dari polibag akan tetapi potonglah akar yang keluar dari polibag dengan mengunakan pisau yang tajam. Sewaktu menanam padatkan tanah didalam polibag buka perlahan jangan sampai tanahnya pecah dibagian akar kemudian tanam.

No comments:

Post a Comment