http://critic.net

Sunday 14 September 2014

Teknik Inokulasi, Kiat agar hasil inokulasi laku di jual dan berharga tinggi

Kiat Agar Hasil Inokulasi Laku di Jual dengan Harga Tinggi

     Inokulasi gaharu tidak hanya bertujuan bagaimana menghasilakan gubal semata tetapi ada banyak hal yang harus diperhatikan. Gubal yang kita produksi haruslah sesuai dengan selera dan standard permintaan pasar. 
     Menurut Syamsul huda salah seorang Petani yang sukses dalam inokulasi gaharu mengatakan hasil suntikannya belum pernah ditolak buyer-buyer arab. Soal harga beliau mengatakan dari hasil inokulasi kurang dari 1,5 tahun hasil inokulasinya dihargai rate antara 2-3,5 jt perkilonya.  Semakin lama usia panen maka harganya akan semakin tinggi pula sesuai dengan kualitasnya. Seperti yang di lakukan abdul murad petani gaharu sukses asal mataram hasil inokulasi beliau bahkan ada yang dihargai sampai 7 juta perkilo dengan masa inokulasi sekitar 3 tahun. Hal senada juga dikatakan oleh Maruli, Gubal Gaharu hasil inokulasinya dihargai tinggi oleh buyer Arab maupun China. Oleh sebab itu ketika kita mau menginokulasi kita harus memperhatikan beberapa hal  diantaranya :


1. Jenis dan Karakter Inokulan
      Seiring perkembangan teknologi Inokulasi maka semakin berkembang pula jenis Inokulan yang ditawarkan. Yang perlu di ingat dan dipelajari bahwa masing-masing inokulan memiliki karakter masing-masing seperti yang telah kami jelaskan diatas.  Baca juga bagaiaman  Proses Terbentuknya Gubal Gaharu
Dengan memahami jenis dan karakter inokulan maka kemungkinan kita berhasil lebih besar.
2. Teknik Inokulasi
       Inokulan yang bagus harus ditunjang dengan teknik inokulasi yang tepat sesuai dengan jenis dan karakter Inokulan serta tujuan dari pemasaran hasil inokulasi itu sendiri.  Sehingga produksi gubal gaharu kita  sesuai dengan standar dan permintaan pasar.  Perlu di ingat setiap inokulan memiliki teknik masing-masing yang kadang tidak bisa kita terapkan kepada jenis inokulan lainnya. Pengaturan jarak, ukuran, kedalaman, arah dan kemiringan mata bor harus benar-benar diperhatikan.

3. Musim dan Lingkungan
       Musim memainkan peranan penting karena erat kaitannya dengan kelembaban, sesuaikan jenis Inokulan dengan musim yang dianjurkan oleh produsen inokulan. Demikian juga lingkungan disekitar gaharu ada jenis inokulan sangat baik bila digunakan dilingkungan pohon gaharu yang rimbun dan lembab dan sebaliknya ada inokulan sangat baik bila digunakan bila pohon gaharu banyak mendapakan sinar matahari dan lingkunagan yang kering. Secara umum gaharu yang tumbuh di lingkunagan yang sejuk ( memiliki naungan, atau didalam kebun yang rimbun) lebih mudah terbentuk gubal gaharunya, terutama yang mengunakan inokulan berbasis jamur dan Nutrisi.

4. Jenis Gaharu
       Setiap jenis gaharu dan daerah memiliki karakter pembentukan gubal masing-masing. Ada jenis gaharu yang mudah di inokulasi dan sebaliknya adapula yang sulit untuk terbentuknya gubal gaharu.

5. Ukuran dan Bentuk
     Sementara ini bentuk hasil inokulasi yang mudah dipasarkan adalah bentuk chips tipis dan kecil dibandingkan dengan gubal gaharu berbentuk log. Sasaran pasar ialah buyer-buyer dari timur tengah. baca juga ISTILAH DALAM PERDAGANGAN GAHARU DI TIMUR TENGAH

6. Aroma
    Aroma hasil inokulasi sangat dipengaruhi oleh bahan inokulan yang kita gunakan. Semakin bagus aromanya yakni mendekati aroma alami maka akan semakin tinggi harganya.

7. warna
      Warna gubal juga sangat mempengaruhi harga jual gubal gaharu karena dari warna mengambarkan kualitas dari gubal tersebut yakni semakin hitam dan padat maka semakin bagus pula harga gubal tersebut.

8. Teknik carping.
       Cara kita membersihkan memisahkan daging kayu dengan gubal gaharu juga memainkan peranan penting sedapat mungkin hasil carvingan kita bersih dan rapi. Lubang inokulasi yang kecil jauh lebih mudah dipsarkan ketimbang yang memiliki lubang besar.

9. Usia Inokulasi
        Untuk mendapatkan hasil inokulasi yang berkualitas dan sesuai standar pasar baik pasar China maupun Arab maka kita perlu menyesuaikannya dengan lama usia inokulasi karena lamanya masa inokulasi sangat erat kaitannya dengan kualitas Grade Gubal Gahru yang dihasilkan.

10. dan lain-lainnya. contoh hasil inokulasi yang laku di jual gubal gaharu hasil inokulasi yang laku di jual
    Untuk mengetahui Lebih lanjut Harga gubal Gaharu Hasil Inokulasi buka  Harga Gubal Gaharu Hasil Inokulasi

    

5 comments:

  1. assalamualaikum gan. saya boleh mintak pin BB or No HP. pengen nanyak lebih jelasnya maslah pohon gaharu. soalnya saya coba tanam 10 pohon.
    sekalian cari wawasan
    gak papa ya gan.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alikumussalam wr. wb. terimakasih atas kunjungan dan komentarnya pak.
      Hp 085355498758 BBM 769ccc92

      Delete
  2. Assalamu 'alaikum Wr Wb gan. saya dari Rengat Riau. punya pohon gaharu kuarang lebih 50 batang umur 4.8 tahun. dibatang banyak semut membuat luabang untuk sarang, apa dapat mengganggu pertumbuhan ? matur suwun.

    ReplyDelete
  3. wa alaikumusssalam wr. wb. terimakasih atas kunjungan dan komentarnya pak
    Jika ada semut atau ulat membuat lubang dan sarang di batang gaharu biarkan saja Justru itu adalah salah satu pemicu timbulnya gubal secara alami. Namun bila pohon masih kecil diameter dibawah 15 cm maka jika dari hasil pengamatan lubang-lubang yang dibuat semut menghambat pertumbuhan secara signifikan atau menyebabkan pohon sakit dan menguning sebaiknya dibasmi saja.

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum, ikut promo pk....
    CARA BUDIDAYA GAHARU
    HANYA Rp. 35.000/bibit

    1. Pola Tanam Monokultur (1 jenis).
    Cara ini:
    satu areal ditanami hanya 1 jenis saja.
    pola tanam monokultur akan dapat, memaksimalkan lahan dengan jarak tanam
    2,5 m x 2,5 m atau 3m x 3m.
    Pemilihan jarak tanam akan mempengaruhi pertumbuhan nya
    2. Pola Tanam Tumpang Sari (bermacam2 ).
    -dapat dilakukan dengan cara menanam di sela-sela tanaman lain,
    seperti pohon sengon,durian, karet, mahoni, pisang dll.
    -dapat juga dilakukan penanaman sebagai pagar pembatas lahan milik kita.
    -dan dapat ditanam di sekitar pekarangan rumah,
    karena pohonya tidak tinggi dan membahayakan,
    Di usia 6 th tinggi nya hanya 5 meter an saja
    3.Pemeliharaan.
    pada umur 0-1 perlu dipelihara secara intensif,
    terutama pemberian Naungan ,
    dan mengurangi gangguan dari gulma,
    karena tanaman ini telah bermikoriza, maka penggunaan pupuk dapat diminimalisir.
    4.Pemupukan.
    Pemupukan dapat dilakukan 3 bulan sekali, namun dapat juga dilakukan setiap 6 bulan sekali dengan kompos atau Pupuk Kandang saja
    (sangat disarankan menggunakan pupuk organic saja).
    Dampak dari penggunakan PUPUK KIMIA mempengaruhi aroma.
    menurunkan harga jual serta merusak tanah.
    SEBAIKNYA HINDARI PUPUK KIMIA.
    5.Pemangkasan cabang/ranting.
    Pemangkasan dapat dilakukan pada saat tanaman mulai umur 2, 5 th.
    dengan memotong cabang bagian bawah dan menyisakan 4 – 10 cabang atas.
    Dan dari pemangkasan itu
    Sudah bisa di hargai oleh :
    Gaharu Lumajang community:
    - daun:5.000/kg basah
    - biji 50.000/kg
    -ranting:35.000/kg kering
    6.Inokulasi / Penyuntikan:
    Inokulasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam usaha gaharu karena resin gaharu sangat tidak mudah terbentuk secara alami.
    sehingga perlu campur tangan manusia seperti dengan pembuatan pelukaan dan memberikan bahan pemicu produksi resin gaharu seperti cendawan dan bahan lainnya.
    7.PANEN
    semua hasil panen di jamin akan di ambil GLC.
    Dengan peluang minimal
    laku 3,4 jt /pohonya.
    jadi anda sudah tidak usah pusing2 ,
    Hasil panen nya di jual ke mana...?
    Dengan penguatan adanya SPK
    (Surat perjanjian kerjasama)
    Pada Saat penyuntikan.

    Ready Stock EMAS HIJAU GAHARU pohon termahal.didunia...Rp. 35.000,- Contact person 085641262218

    ReplyDelete