http://critic.net

Sunday 10 August 2014

CARA PENYIMPANAN DAN PACKING BIJI GAHARU AGAR TUMBUH DENGAN BAIK

CARA PENYIMPANAN DAN PACKING BIJI GAHARU AGAR TUMBUH DENGAN BAIK

Semaian biji gaharu umur -+ 3 minggu.
     Ada banyak hal yang mempengaruhi tingkat keberhasilan penyemaian biji gaharu namun yang paling menentukan adalah kematangan biji, kesegaran biji gaharu, media semai dan teknik penyemaian merupakan hal yang paling menentukan.
      Berikut ini saya mencoba berbagi tip bagaimana cara mendapatkan biji gaharu mallacensis dan microcarpa yang berkualitas dan bagaimana memperlakukannya yakni sebgai berikut :
  • Biji harus Benar-benar tua atau cukup matang, yakni ditandai dengan buah yang sudah pecah kami sarankan biji diproleh dari biji yang sudah gugur dengan sendirinya anda bisa menampungnya mengunakan paranet atau shading net.
  • Biji masih dalam keadaan segar mernurut pengalaman kami biji gaharu malaccensis masih bisa tumbuh dengan baik pada 14 hari setelah dipanen.
  • Di rendam dengan zpt dan fungisida terlebih dahulu kemudian setelah dikering anginkan sehingga keringnya seperti waktu kita pungut dari Shading net penangkap biji. barulah di Packing untuk pengiriman atau disimpan.
  • Packing jangan terlalu pengap. buat sedemikian rupa sehingga ada rongga udara yang tidak menyebabkan suhu di dalam packing terlalu panas yang akan membuat bibit rusak.
Kata kunci. bagaimana cara menyemai biji gaharu malacensi, cara menyemai biji gaharu yang baik, biji gaharu malacensis. cara mendapatkan biji gaharu yang berkualitas.

4 comments:

  1. Sir, I would like to know more about possibility of Subintegra seeds for plantation here in North East India. Is there any chance, if so please inform any details procedures. At the same time, i was so confused about the commercial productivity difference of Crassna, Malaccensis, and Subintegra variety.

    ReplyDelete
    Replies
    1. The difference between the three is in the aroma, resin content (oil) where subintegra have a stronger aroma and fragrance and oil content are many. resistance to heat so it fits when grown in monoculture or planted with other crops as a protector. Rapid growth and resistance to pests especially mealybug attack. A. subintegra besides having a better reaction to the inoculant in the process of formation of Agarwood resin so that production lot and better than other types of crassna and malacensis.

      Delete
  2. Thanks a lots for actively responding my query.

    ReplyDelete